SMA PLUS PEMBANGUNAN JAYA
 Bintaro

Generasi muda adalah aset masa depan bangsa. Pada pundak mereka, segala harapan dan cita-cita bangsa dititipkan. Karena itu, bekal yang baik menjadi kunci untuk mewujudkan harapan tersebut. SMA Plus Pembangunan Jaya sebagai salah satu lembaga pendidikan yang fokus pada pengembangan keilmuan dan karakter terus-menerus merespon setiap perubahan, salah satunya adalah dengan program Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS). Ada pun tujuan dari kegiatan ini, antara lain: meningkatkan kemampuan soft skill yang menunjang kepemimpinan, yaitu public speaking, personal branding, dan problem solving; meningkatkan pengetahuan, keterampilan serta kepribadian peserta didik sebagai calon pemimpin, dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi kepemimpinannya dengan baik; dapat menerapkannya demi kemajuan organisasi dengan menerapkan prinsip KIS (koordinasi, integrasi, dan sinkronisasi); meningkatkan dan memantapkan mutu kepemimpinan, serta mendorong, mendidik serta mengarahkan potensi kepemimpinan.

Kegiatan LDKS tahun ini bertemakan Extraordinary Leaders (EXODERS). Kegiatan dilaksanakan secara virtual (zoom) yang diselenggarakan pada Kamis (8/4) diikuti oleh seluruh siswa kelas X dan XI serta semua dewan guru. Ada pun pemateri dalam kegiatan ini, antara lain: Aditya P.V (Head of Aftermarket PT NSK Indonesia), Rabbani Halomoan, S.Si (Problem Solving Coach), Yusa Octavia (Head of Fleet Management Grab), dan Ayu Assyamsi (Public Speaking Coach).

Pembukaan dan sambutan dari Kepala Sekolah
Pembukaan dan sambutan dari Kepala Sekolah
Penyampaian materi oleh Bapak Yusa Oktavia (Orangtua siswa - Head of Fleet Management Grab)
Penyampaian materi oleh Bapak Yusa Oktavia (Orangtua siswa - Head of Fleet Management Grab)
Penyampaian materi oleh Kak Ayu Assyamsi (Public Speaking Coach)
Penyampaian materi oleh Kak Ayu Assyamsi (Public Speaking Coach)
Penyampaian materi oleh Kak Aditya P.V (Alumni - Head of Aftermarket PT NSK Indonesia)
Penyampaian materi oleh Kak Aditya P.V (Alumni - Head of Aftermarket PT NSK Indonesia)
Penyampaian materi oleh Kak Rabbani Halomoan (Teen Facilitator)
Penyampaian materi oleh Kak Rabbani Halomoan (Teen Facilitator)
Previous Next Play Pause
1 2 3 4 5

Kepala SMA Plus Pembangunan Jaya, Ibu Endang Wahyuningsih, M.Pd. dalam sambutan pembukanya menyampaikan pentingnya kegiatan ini, terutama sebagai bekal bagi para siswa untuk bisa menjadi pemimpin di masa depan, minimal untuk memimpin diri sendiri.

“Perlu saya sampaikan, ini merupakan kegiatan tahunan di SMA Plus Pembangunan Jaya. Kegiatan ini memberikan bekal yang cukup untuk menjadi pemimpin masa depan, minimal untuk memimpin diri kalian sendiri. Apalagi materi yang kalian dapatkan sangat menarik, seperti personal branding, public speaking dan problem solving. Kiranya materi-materi ini memberikan banyak manfaat untuk adik-adik semuanya,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Principal Eksekutif Sekolah Pembangunan Jaya, Ibu Indira Sunito, M.Psi. dengan penuh semangat memberikan apresiasi kepada 4 pembicara dan juga kepada semua guru serta para siswa. Beliau berterima kasih karena sudah menghadirkan orang yang tepat untuk menyampaikan materi yang tepat juga.

“Terima kasih kepada SMA Plus Pembangunan Jaya yang sudah memilih orang yang tepat untuk membahas materi yang tepat. Terima kasih juga sudah memberikan ruang dan tempat bagi anak-anak untuk terus berekspresi melalui wadah yang sudah disiapkan. Karena itu untuk para siswa, maksimalkan potensi yang dimiliki, terus berkreasi, dan senantiasa membangun dialog yang positif serta spirit untuk menghormati dan menghargai sesama,” tegasnya.

Selanjutnya, para siswa diarahkan untuk bergabung di zoom kelas masing-masing (Kelas X dan XI). Pada kesempatan ini, para siswa diberi kesempatan untuk mendengarkan dan juga mengajukan pertanyaan terkait materi yang disampaikan oleh pemateri pada masing-masing tema. Tema problem solving erat kaitannya dengan kemampuan untuk menganalisa, menyampaikan ide, mendengar, komunikasi, kerja sama dan pengambilan keputusan secara bijak. Untuk materi personal branding fokus pada upaya membangun rasa percaya diri, membangun kredibilitas diri, memperluas jaringan/ koneksi pertemanan, memberikan nyaman bagi orang lain serta mampu menunjukkan atau menampilkan orisinalitas/ keaslian diri. Sedangkan materi public speaking berorientasi pada upaya untuk meningkatkan rasa percaya diri, emnumbuhkan leadership (jiwa kepemimpinan) serta gaya komunikasi yang lancar dan tak gugup.

Salah satu siswa kelas XI IPS 1, Arsenio, menyampaikan rasa bangga dan berterima kasih atas terselenggaranya kegiatan LDKS meskipun dilakukan secara virtual. Menurut dia, kegiatan LDKS ini memberikan manfaat penting bagi masa depan.

“Bagi saya acara LDKS yang dilaksanakan ini sangatlah penting. Pertama-tama kita diajarkan bagaimana menjadi a good leader. Materi tersebut sangatlah berguna untuk menjadi pemimpin bagi teman-teman dan lebih pentingnya lagi menjadi pemimpin diri sendiri. Lalu kita mendapatkan materi tentang public speaking, suatu hal yang saya cukup tertarik. Kita diberi rumus untuk public speaking dan itu sangat berguna untuk mengasah kemampuan public speaking saya. Acara terakhir adalah problem solving. Kita diberi suatu case untuk di-solve bersama kelompok sehingga kemampuan problem solving dan teamwork kita sangatlah diasah. Jadi, menurut saya acara ldks kemarin sangatlah interesting dan berguna bagi masa depan nanti,” tulis Arsenio dalam pesan singkat di whatsapp. (IwnR)

Back to top