SMA PLUS PEMBANGUNAN JAYA
 Bintaro

Studi Ramadhan merupakan sebuah kegiatan yang rutin dilakukan selama bulan suci Ramadhan di SMA Plus Pembangunan Jaya. Kegiatan yang bertemakan "Menjalin Ukhuwah di Masa Pandemi" ini diadakan pada senin - jumat, 3 - 7 Mei 2021 secara online. Beberapa kegiatan yang diselenggarakan diantaranya adalah Tadarus Al-Quran, pengkajian surat-surat pendak dalam Al-Quran, motivasi agama, kajian islami, serta pengumpulan dan penyaluran zakat, infaq dan shadaqah.

Dalam sambutannya, Ibu Endang Wahyuningsih sebagai kepala sekolah berharap kegiatan ini dapat menumbuhkan motivasi siswa saat menjalankan ibadah puasa dan menjadikan Ramadan tahun ini lebih bermakna. Selain itu juga menjadikan siswa menjadi pribadi yang lebih baik, dapat memberikan perubahan kepada lingkungan, dan menjadikan kita menjadi manusia yang bermanfaat.

Pembukaan acara oleh Ibu Endang Wahyuningsih sebagai Kepala Sekolah
Pembukaan acara oleh Ibu Endang Wahyuningsih sebagai Kepala Sekolah
Kegiatan Tadarus Al-Quran
Kegiatan Tadarus Al-Quran
Kegiatan Motivasi Religi dengan narasumber Dik Doank
Kegiatan Motivasi Religi dengan narasumber Dik Doank
Kegiatan Kajian Islami - Rubrik
Kegiatan Kajian Islami - Rubrik
Kegiatan Kajian Islami dengan narasumber Ustadz Pardamean Harahap
Kegiatan Kajian Islami dengan narasumber Ustadz Pardamean Harahap
Penyaluran ZIS dan paket sembako kepada warga
Penyaluran ZIS dan paket sembako kepada warga
Previous Next Play Pause
1 2 3 4 5 6

Kegiatan Tadarus Al-Quran dilaksanakan per kelas didampingi oleh walikelas masing-masing pada hari senin dan rabu. Selain dibaca secara bergilir, surat-surat pendek dalam Al-Quran juga dikaji dengan pendampingan juga dari walikelas.

Ada yang istimewa pada studi ramadhan tahun ini, dimana pada hari selasa saat sesi motivasi religi, hadir oleh seorang artis terkenal yang telah hijrah meninggalkan dunia ke artisannya demi meraih kebahagian akhirat, yaitu Om Dik doank (Om Ganteng) sebagai narasumber. Raden Rizki Mulyawan Kertanegara Hayang Denda Kesuma nama asli dari Dik Doank memberikan pembelajaran tentang bagaimana siswa dapat mengenali dirinya sendiri hari ini ke depan. Cara untuk siswa dapat mengenali dirinya adalah dengan mencoba menggambar sebuah pohon di atas selembar kertas. “Mengapa pohon, karena pada pohon terdapat filosofi keadilan, Islam itu agama yang adil”.“Pohon itu adalah ayat, ayat itu adalah tanda, tanda siapa diri kita” ujarnya.

Kegiatan Studi Ramadan 1442H ditutup dengan kegiatan kajian buka puasa dan bakti sosial pada Jumat, 7 Mei 2021. Dalam Kajian Buka Puasa hadir sebagai narasumber Ustadz Pardamean Harahap memberikan tausiyah pengantar berbuka puasa yang dihadiri oleh siswa, perwakilan POMG, Guru, dan Prinsipal Eksekutif Sekolah Pembangunan Jaya secara online melalui aplikasi zoom meeting. Sebelumnya beberapa perwakilan dari OSIS menyalurkan zakat kepada 221 orang mustahik dan 300 paket sembako kepada warga sekitar sekolah dan pihak-pihak yang berhak menerimanya. (Mul)

Back to top